7 Jenis Vitamin yang Bermanfaat untuk Anak Usia 6 Bulan Keatas

Bayi akan mengalami pertumbuhan yang sangat pesat dalam satu tahun pertamanya. Di masa pertumbuhan tersebut, akan banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh bayi Bunda. Para ahli mengatakan bahwa ASI merupakan sumber nutrisi utama yang bisa Bunda berikan pada buah hati.

ASI memang menjadi sumber nutrisi paling penting pada anak dengan usia 0 hingga 6 bulan. Namun, dibutuhkan juga vitamin dan mineral lainnya untuk membantu memaksimalkan pertumbuhan sang bayi. Selain itu, pada bayi dengan usia 6 bulan keatas, ASI tidak lagi menjadi sumber nutrisi terbaik yang bisa anak dapatkan. Hal ini dikarenakan bayi dengan usia 6 bulan keatas cenderung sudah dapat mengonsumsi makanan encer berupa bubur. Oleh karena itu, pemberian sumber vitamin alternatif pada anak di atas usia 6 bulan sangat direkomendasikan. Khususnya pada anak yang tidak mendapatkan asupan ASI atau susu formula yang mencukupi.

Vitamin Untuk Anak 6 Bulan

Bayi memerlukan banyak nutrisi berupa vitamin dan mineral tambahan untuk membantu perkembangan tubuhnya. Salah satu contohnya adalah kalsium yang berfungsi membantu pertumbuhan tulang dan gigi pada bayi. Selain itu, bayi juga membutuhkan beberapa asupan mineral lain seperti zat besi, asam folat, protein, lemak, zinc, DHA dan asam lemak omega 3. Selain itu, bayi juga membutuhkan asupan Vitamin guna memaksimalkan pertumbuhan badannya. Beberapa jenis vitamin yang bermanfaat untuk anak Bunda antara lain :

1. Vitamin A

Vitamin A merupakan salah satu asupan nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh manusia terutama bayi dan anak-anak. Pada bayi, vitamin A berfungsi untuk menjaga kesehatan penglihatan, kulit dan rambut. Selain itu, vitamin A juga memiliki peran yang cukup penting dalam menjaga sistem kekebalan tubuh. Vitamin A banyak terkandung dalam wortel, yoghurt, minyak laut, bayam, mentega, dan susu.

2. Vitamin B1 ( Thiamine )

Vitamin B1 atau thiamine adalah nutrisi yang berguna merubah karbohidrat menjadi energi di dalam tubuh kita. Umumnya, Vitamin B1 terkandung di dalam sereal, telur dan kacang-kacangan. Pemberian Vitamin B1 sangat dianjurkan pada bayi. Hal ini dikarenakan bila bayi mengalami kekurangan Vitamin B1 dapat menyebabkan buah hati Bunda menjadi mudah lemas.

3. Vitamin B2 ( Riboflavin )

Vitamin B2 di dalam tubuh manusia memiliki fungsi sebagai pelindung sel-sel di dalam tubuh dari kerusakan. Selain itu, Vitamin B2 juga berperan cukup penting dalam membantu mengolah makanan menjadi sumber energi. Vitamin B2 bisa didapatkan dari sayuran hijau, susu, keju, ikan dan telur.

4. Vitamin B3 ( Niacin )

Vitamin B3 atau Niacin yang ada di dalam tubuh buah hati Bunda berfungsi sebagai pengubah makanan yang dikonsumsi menjadi lemak. Selain itu, vitamin B3 juga berfungsi sebagai pembantu ketika tubuh ingin menggunakan cadangan lemak dan protein di dalam tubuh. Manfaat vitamin B3 bisa Bunda dapatkan dari mengonsumsi daging sapi, dada ayam, jamur dan buah mangga.

5. Vitamin B6

Vitamin B6 pada bayi sangat berpengaruh dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh buah hati Bunda. Umumnya bayi yang kekekurangan asupan Vitamin B6 akan lebih sering terserang penyakit bila dibandingkan dengan anak yang Vitamin B6 – nya tercukupi. Selain itu, Vitamin B6 juga memiliki peran yang cukup penting dalam menjaga kesehatan otak. Vitamin B6 banyak terdapat pada buah-buahan dan sayur hijau, sebagai contohnya Bunda bisa memberikan si kecil seperti alpukat, pisang, melon, bayam dan sawi.

6. Vitamin C

Pada tubuh bayi yang masih dalam tahap pertumbuhan, Vitamin C berguna untuk memperkuat tulang dan persendiannya. Vitamin C juga dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh si kecil. Banyak sumber vitamin C yang bisa Bunda temui, namun ada beberapa buah dan sayur yang bisa Bunda berikan kepada buah hati seperti pepaya, jeruk, jambu, brokoli dan tomat mentah.

7. Vitamin D

Sama seperti Vitamin C, Vitamin D yang ada di dalam tubuh bayi juga dapat membantu memperkuat tulang dan persendian pada bayi yang sedang dalam masa pertumbuhan. Selain itu, Vitamin D juga dapat menjaga kesehatan gigi buah hati Bunda. Untuk manfaat vitamin D, Bunda bisa temui pada kuning telur, hati ikan cod, susu kedelai dan yoghurt.

Nah itulah beberapa vitamin yang bermanfaat untuk anak di usia 6 bulan keatas. Menjadi ibu yang pintar itu hukumnya wajib, karena dari ibu pintarlah lahir generasi yang bertanggung jawab. Semoga bermanfaat ya bun. Be a Smart Mom !!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Mendidik Anak Agar Tidak Kecanduan Gadget
Ini Lho Bun! 5 Tips Mendidik Anak Agar Tidak Kecanduan Gadget
Cara Mendidik Anak Usia Dini Agar Tumbuh Optimal
Baca Bun! 4 Cara Mendidik Anak Usia Dini Agar Tumbuh Optimal
Mendidik Anak Usia 3 Tahun
4 Cara mendidik anak usia 3 tahun agar aktif dan cerdas
Prinsip Parenting Membentuk Karakter Positif Pada Anak
Ini Lho Bun! 4 Prinsip Parenting Membentuk Karakter Positif pada Anak
Buah Hati Ibu Hamil Ibu Menyusui
Cara Mengonsumsi Susu Kental Manis
Ini Lho Bun!! 4 Cara Mengonsumsi Susu Kental Manis dengan Bijak
Tidak Semua Susu Untuk Anak Baik Di Konsumsi Buah Hati
Tidak Semua Susu untuk Anak Baik Dikonsumsi Buah Hati
Pentingnya Orang Tua Mengenal Asupan Gizi Untuk Anak
Pentingnya Orang Tua Mengenal Asupan Gizi untuk Anak
Manfaat Berenang Bagi Kesehatan Ibu Hamil
Ibu Hamil Suka Berenang? Ini Manfaatnya Bagi Kesehatan Bunda
Aturan Olahraga Air
Inilah 4 Aturan Olahraga Air yang Harus Diperhatikan Selama Kehamilan
Makanan Sehat Minuman Sehat Vitamin
Buah Pepaya
Ini Lho Bun! 7 Manfaat Buah Pepaya Untuk Ibu Hamil dan Janin Dalam Kandungan
Vitamin Yang Bermanfaat Untuk Anak
7 Jenis Vitamin yang Bermanfaat untuk Anak Usia 6 Bulan Keatas
Manfaat Buah Naga Untuk Kehamilan 1
Ini Lho Bun, 3 Manfaat Buah Naga yang Perlu Diketahui Selama Kehamilan