Ini Lho Bun! 5 Makanan Sehat Yang Paling Bagus Untuk Ibu Menyusui

Makanan Untuk Ibu Menyusui – Setelah menjadi seorang ibu, tugas selanjutnya yang menanti wanita yang sudah berumah tangga adalah memberikan nutrisi yang tepat untuk buah hatinya. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan memberikan ASI. Meski saat ini terdapat banyak sekali susu formula yang menawarkan segudang kelebihan, namun pada kenyataannya air susu ibu tetap pilihan yang terbaik untuk bayi.

Bagi bunda yang baru pertama kali memiliki bayi kadang kala lupa dengan pola makannya ketika masih menyusui, bahkan tidak jarang karena salah makan membuat kandungan nutrisi yang terdapat pada ASI menjadi berkurang. Oleh karena itu, mengetaui makanan apa saja yang baik dan cocok untuk ibu menyusui sangatlah penting. Dan berikut ini telah kami rangkumkan makanan apa saja yang bagus untuk ibu menyusui.

Ibu Menyusui

Makanan Sehat Untuk Ibu Menyusui

1. Bayam
Sayuran dengan warna hijau ini sangat kaya akan nutrisi dan sangat direkomendasikan untuk ibu menyusui. Di dalam bayam terdapat kandungan zat besi yang dapat mencegah anemia atau kekurangan darah saat menyusui. Selain itu terdapat juga kandungan asam folat, vitamin K, dan kalsium yang sangat bermanfaat untuk kercerdasan bayi. Untuk menjaga nutrisi yang terdapat di dalam sayuran ini, bunda dapat memasaknya dengan merebusnya setengah matang dan kemudian disajikan dengan bumbu sederhana.

2. Brokoli
Masih dengan sayuran yang berwarna hijau, brokoli sangat cocok untuk dikonsumsi oleh ibu hamil ataupun yang sedang menyusui. Sama halnya dengan bayam, sayuran ini banyak sekali mengandung asam folat yang berguna untuk meningkatkan kecerdasan bayi. Supaya nutrisi yang didapat tidak terlalu berkurang, ketika memasaknya jangan sampai lewat dari setengah matang.

3. Ikan Salmon
Bila bosan mengkonsumsi sayuran, bunda juga apat mengkonsumsi daging khususnya ikan salmon yang sangat baik untuk kandungan ASI. Di dalam ikan salmon mengandung DHA yang dapat membantu mengembangkan sistem saraf pada si kecil. Untuk cara memasaknya boleh direbus ataupun di goreng, tapi usahakan tidak terlalu banyak menggunakan bumbu penyedap.

4. Gandum
Bahan makanan yang satu ini terkenal akan kaya serat, hal ini sangat baik dikonsumsi agar ASI dapat membuat si buah hati kenyang lebih lama. Selain itu, gandum juga dapat membantu memperlancar pencernaan bayi karena kaya akan serat.

5. Nasi Merah
Nasi merah juga cocok untuk ibu yang sedang menyusui karena mengandung kalori yang dapat meningkatkan jumlah produksi dan kualitas ASI. Selain itu, nasi merah juga memiliki manfaat yang hampir sama dengan gandum, yakni mampu membuat bayi kenyang lebih lama.

Nah itulah sejumlah makanan sehat yang cocok dikonsumsi oleh ibu yang sedang menyusui. Namun jangan sampai lupa juga untuk mengkonsumsi makanan lainnya khususnya buah-buahan yang banyak mengandung vitamin agar nutrisi pada ASI tetap terjaga dengan baik.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Anak Mandiri
4 Hal Yang Melatih Anak Mandiri Sejak Usia Dini
Tips Supaya Anak Mau Belajar
Ini Lho Bun! Cara Terbaik Agar Anak Mau Belajar Sejak Usia Dini
Mengatasi Rasa Bosan Pada Anak
5 Cara Mengatasi Rasa Bosan Pada Anak
Makanan Berbahaya Untuk Ibu Hamil
4 Jenis Makanan Berbahaya untuk Ibu Hamil
Buah Hati Ibu Hamil Ibu Menyusui
Ibu Menyusui
Ini Lho Bun! 5 Makanan Sehat Yang Paling Bagus Untuk Ibu Menyusui
Baby Gym
Selain Menyenangkan, Ini Lho 7 Manfaat Baby Gym Untuk Si Kecil
Cara Mengatasi Sembelit Pada Bayi
Cara Ampuh dan Aman Mengatasi Sembelit Pada Bayi
Manfaat Berenang Bagi Kesehatan Ibu Hamil
Ibu Hamil Suka Berenang? Ini Manfaatnya Bagi Kesehatan Bunda
Aturan Olahraga Air
Inilah 4 Aturan Olahraga Air yang Harus Diperhatikan Selama Kehamilan
Makanan Sehat Minuman Sehat Vitamin
Buah Pepaya
Ini Lho Bun! 7 Manfaat Buah Pepaya Untuk Ibu Hamil dan Janin Dalam Kandungan
Vitamin Yang Bermanfaat Untuk Anak
7 Jenis Vitamin yang Bermanfaat untuk Anak Usia 6 Bulan Keatas
Manfaat Buah Naga Untuk Kehamilan 1
Ini Lho Bun, 3 Manfaat Buah Naga yang Perlu Diketahui Selama Kehamilan