Baca Bun! 3 Kalimat yang Sebaiknya Tidak Diucapkan Kepada Si Kecil

Kalimat Terlarang – Nakal tidaknya anak pada saat dewasa nantinya, nyaris bergantung pada pengajaran yang telah ia terima dari orangtuanya ketika kecil. Bahkan, kalimat-kalimat yang digunakan oleh orangtua juga ada baiknya kalimat pilihan, bukan sembarangan kalimat yang akan keluar karena sedang emosi. Sepele sih, akan tetapi kalimat bisa mengubah banyak hal-hal besar, termasuk karakter anak dan akhlak anak kelak. Oleh karena itu, Bunda wajib tahu kalimat yang sebaiknya tidak diucapkan kepada si kecil.

Berikut ini ada beberapa kalimat yang memang tidak sebaiknya diucapkan oleh para orangtua kepada anaknya. Perhatikan yang Bunda, jika biasanya seringkali menggunakan kalimat-kalimat ini kepada anak, usahakan untuk segera mengganti kalimat tersebut sejak dini.

 

Kalimat Yang Sebaiknya Tidak Diucapkan Pada Si Kecil (Gambar 2)

Ini Kalimat yang Sebaiknya Tidak Diucapkan Kepada Si Kecil

 1. “Aduh pinter…”, Aduh cantiknya…”, dan yang lainnya

Pujian yang seperti ini memang bisa meninggalkan kepercayaan diri sang anak, akan tetapi di sini lainnya ada efek samping yang dapat jadi bumerang bagi tumbuh kembang sang anak.

Kalimat pujian yang seperti ini jika terlalu sering diucapkan akan menjadikan anak Bunda over PD, selain itu saat mereka gagal mereka akan menemukan bahasannya fakta kalian yang sering Bunda ucapkan itu hanya kalimat hiburan semata.

2. “Pokoknya kamu yang terbaik dari segalanya..”

Menekankan bahasannya anak merupakan yang terbaik disatu sisi akan menjadikan anak Bunda percaya akan kemampuan dirinya, namun disisi yang lain Bunda sedang membangun sebuah tembok kesombongan yang bakal membuat anak Bunda menjadi merasa yang paling hebat. Bahkan Bunda juga sedang membangun kebencian terhadap orang lain dalam diri anak, sebab sepertinya tidak ada orang lain yang lebih hebat dari pada sih anak.

Ini tentu sangat berbahaya jika sampai dewasa anak-anak akan berpikir seperti ini. Anak Bunda jadi tidak bisa legowo serta belajar dari orang lain. Sifat yang keras kepala juga bakal terbentuk sebab ia merasa yang paling benar.

3. “Mengapa? Ya karena kata Ibu..”

Anak-anak Bunda ibaratnya seperti gelas yang kosong yang akan haus akan air, pada saat Bunda tidak memiliki penjelasan yang tepat akan sesuatu hal, jadikan itu sebagai PR Bunda.

Contohnya Bunda tidak tahu akan jawaban dari anak Bunda, maka jangan menjawab dengan simpel “Ya karena begitu…”, silakan Bunda jawab dengan jujur, “Maaf ya Ibu belum tahu jawabannya, tapi Ibu akan cari tahu”.

Kejujuran yang sedang Bunda tanamkan di sini, begitu pun juga kerendahan hati anak dan keingintahuan untuk bisa belajar sesuatu hal baru.

Itulah tadi beberapa kalimat yang sebaiknya tidak diucapakan kepada si kecil yang bisa Info Bunda berikan. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Anak Mandiri
4 Hal Yang Melatih Anak Mandiri Sejak Usia Dini
Tips Supaya Anak Mau Belajar
Ini Lho Bun! Cara Terbaik Agar Anak Mau Belajar Sejak Usia Dini
Mengatasi Rasa Bosan Pada Anak
5 Cara Mengatasi Rasa Bosan Pada Anak
Makanan Berbahaya Untuk Ibu Hamil
4 Jenis Makanan Berbahaya untuk Ibu Hamil
Buah Hati Ibu Hamil Ibu Menyusui
Ibu Menyusui
Ini Lho Bun! 5 Makanan Sehat Yang Paling Bagus Untuk Ibu Menyusui
Baby Gym
Selain Menyenangkan, Ini Lho 7 Manfaat Baby Gym Untuk Si Kecil
Cara Mengatasi Sembelit Pada Bayi
Cara Ampuh dan Aman Mengatasi Sembelit Pada Bayi
Manfaat Berenang Bagi Kesehatan Ibu Hamil
Ibu Hamil Suka Berenang? Ini Manfaatnya Bagi Kesehatan Bunda
Aturan Olahraga Air
Inilah 4 Aturan Olahraga Air yang Harus Diperhatikan Selama Kehamilan
Makanan Sehat Minuman Sehat Vitamin
Buah Pepaya
Ini Lho Bun! 7 Manfaat Buah Pepaya Untuk Ibu Hamil dan Janin Dalam Kandungan
Vitamin Yang Bermanfaat Untuk Anak
7 Jenis Vitamin yang Bermanfaat untuk Anak Usia 6 Bulan Keatas
Manfaat Buah Naga Untuk Kehamilan 1
Ini Lho Bun, 3 Manfaat Buah Naga yang Perlu Diketahui Selama Kehamilan