Ini Lho Bun! 4 Prinsip Parenting Membentuk Karakter Positif pada Anak

Bunda.info – Parenting atau mendidik anak adalah kewajiban mutlak bagi orangtua untuk membentuk anak menjadi pribadi yang positif. Dengan prinsip parenting yang tepat dan benar maka anak hasil didikan parenting yang benar akan memiliki karakter yang baik dan positif. Oleh sebab itu parenting menjadi bagian terpenting dalam mendidik anak karena akan menjadi bekal anak ketika dewasa nanti. Jika bunda salah dalam parenting dari awal maka buah hati bunda dipastikan akan memiliki sifat yang tidak baik karena hasil dari parenting yang salah tersebut. untuk itu berikut prinsip parenting membentuk karakter positif pada anak yang perlu bunda ketahui dan terapkan untuk mendidik anak.

Prinsip Parenting Membentuk Karakter Positif Pada Anak

1. Jadilah panutan yang baik

Buah jatuh tak jauh dari pohonnya, mungkin peribahasa itu cocok untuk menggambarkan bagaimana anak yang tidak terlalu jauh berbeda dengan orangtuanya dalam berbagai. Oleh karena itu, jadilah panutan yang baik untuk anak setiap saat kapanpun dan dimanapun. Karena dengan bunda memberikan panutan yang baik maka sang anak akan menirunya dan kemudian akan menerapkannya ketika si anak tersebut dewasa nanti.

Semua yang dilihat anak ketika kecil terekam sempurna di dalam memori anak masing-masing. Jangan menunjukan sisi jelek atau sisi buruk bunda dihadapan anak sedikitpun, hal ini dapat berpengaruh terhadap pertumbuhan serta kesehatan mental si anak karena anak dapat meniru perilaku orangtuanya dengan mudah dan cepat.

2. Luangkan waktu untuk anak setiap hari

Jika bunda dan pasangan sibuk bekerja dari pagi hinga sore hari, maka waktu bunda untuk buah hati tergolong sangat sedikit. Maka dari itu, luangkan lah waktu sesekali untuk sekedar mengobrol setiap harinya agar anak merasa diperhatikan dan menjadikan anak merasa dihargai dan memiliki kepercayan diri yang tinggi. Sesibuk apapun kalian sebagai orang tua tetap arus meluangkan waktu untuk bertemu dengan anak.

3. Tentukan peraturan

Setelah anak mulai mau bermain sendiri dengan teman-temannya maka biarkan anak bermain sepuasnya akan tetapi jangan sampai lupa waktu karena keasyikan bermain. Caranya adalah berikan jadwal waktu kapan untuk istirahat, kapan untuk belajar, kapan untuk bermain dan kapan harus kembali ke rumah. Dengan begitu anak akan terbiasa dengan aturan sejak kecil sehingga ketika sudah dewasa nanti bisa dengan mudah mentaati peraturan dan tata tertib dimanapun itu.

4. Jangan terlalu memanjakan anak

Lagi-lagi memanjakan anak menjadi salah satu hal yang kurang baik dan berdampak ke seluruh aspek kehidupan anak nantinya. Dengan dilatih menjadi mandiri maka anak akan memiliki kepribadian yang teguh dan kokoh serta tidak mudah digoyahkan.

Seperti kita tahu jika kita terlalu memanjakan anak maka anak-anak akan tumbuh menjadi pribadi yang malas, tidak bisa apa-apa, sombong dan lainnya. Biarkan saja jika anak marah karena kemuannya tidak dituruti, hal itu cukup wajar dan bunda sebagai orangtua wajib untuk memahaminya.

Demikianlah ulasan mengenai prinsip parenting membuat karakter postif pada anak, perlu bunda ingat bahwa parenting merupakan kegiatan yang tidak mudah karena memiliki tingkat kesulitan tersendiri yang masing-masing orangtua rasakan tergantung dari kondisi anaknya sendiri.

Apakah anak itu pendiam, nakal atau hyper aktif. Semuanya harus dihadapi dengan lembut dan dengan kesabaran, jangan sekali-kali melakukan pemukulan kepada anak atau berbuat kasar pada anak karena hal itu akan selalu membekas dipikiran anak hingga dewasa nanti.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Mendidik Anak Agar Tidak Kecanduan Gadget
Ini Lho Bun! 5 Tips Mendidik Anak Agar Tidak Kecanduan Gadget
Cara Mendidik Anak Usia Dini Agar Tumbuh Optimal
Baca Bun! 4 Cara Mendidik Anak Usia Dini Agar Tumbuh Optimal
Mendidik Anak Usia 3 Tahun
4 Cara mendidik anak usia 3 tahun agar aktif dan cerdas
Prinsip Parenting Membentuk Karakter Positif Pada Anak
Ini Lho Bun! 4 Prinsip Parenting Membentuk Karakter Positif pada Anak
Buah Hati Ibu Hamil Ibu Menyusui
Cara Mengonsumsi Susu Kental Manis
Ini Lho Bun!! 4 Cara Mengonsumsi Susu Kental Manis dengan Bijak
Tidak Semua Susu Untuk Anak Baik Di Konsumsi Buah Hati
Tidak Semua Susu untuk Anak Baik Dikonsumsi Buah Hati
Pentingnya Orang Tua Mengenal Asupan Gizi Untuk Anak
Pentingnya Orang Tua Mengenal Asupan Gizi untuk Anak
Manfaat Berenang Bagi Kesehatan Ibu Hamil
Ibu Hamil Suka Berenang? Ini Manfaatnya Bagi Kesehatan Bunda
Aturan Olahraga Air
Inilah 4 Aturan Olahraga Air yang Harus Diperhatikan Selama Kehamilan
Makanan Sehat Minuman Sehat Vitamin
Buah Pepaya
Ini Lho Bun! 7 Manfaat Buah Pepaya Untuk Ibu Hamil dan Janin Dalam Kandungan
Vitamin Yang Bermanfaat Untuk Anak
7 Jenis Vitamin yang Bermanfaat untuk Anak Usia 6 Bulan Keatas
Manfaat Buah Naga Untuk Kehamilan 1
Ini Lho Bun, 3 Manfaat Buah Naga yang Perlu Diketahui Selama Kehamilan