Baca Bun! 4 Cara Mendidik Anak Usia Dini Agar Tumbuh Optimal

Bunda.info – Mendidik anak menjadi kebanggan tersendiri bagi orangtua namun meskipun begitu banyak rintangan ataupun kendala yang dihadapi oleh para orangtua. Mendidik anak yang baik dan benar tidak semudah yang dibayangkan, bahkan tak jarang meski di rumah sudah dididik dengan baik namun terkadang bisa saja terpengaruh dari lingkungan luar seperti lingkungan bermain, lingkungan sekitar dan lainnya.

Untuk itu mendidik anak harus dilakukan mulai sejak dini agar anak bisa tumbuh dengan optimal dan tumbuh kembangnya sesuai dengan yang orangtua harapkan. Untuk itu berikut tips cara mendidik anak usia dini agar tumbuh optimal.

Cara Mendidik Anak Usia Dini Agar Tumbuh Optimal

1. Gunakan kalimat positif untuk anak

Meskipun kedengarannya sepele, namun menggunakan kalimat-kalimat positif bisa berdampak pada anak. Kalimat positif bukan berarti kalimat-kalimat yang berisi motivasi berat namun cukup dengan memberikannya kalimat atau perkataan yang halus, lembut dan bernada positif.

Bunda juga harus mengucapkan kalimat positif dengan nada yang rendah dan tidak meninggi atau membentak. Misalnya ketika bunda akan memerintahkan anak bunda untuk membereskan mainannya maka kata-kata yang harus diucapkan adalah. “ayo adek mainannya dibereskan kemudian masukan ke kotak mainan abis itu bobo siang” itulah contoh kalimat yang benar.

Adapaun kalimat yang salah adalah misalnya “bereskan mainannya sekarang dan setelah itu tidur siang” meskipun pengucapannya secara halus namun kalimatnya tidak halus karena cenderung menyuruh anak dengan kata-kata kasar dan paksaan.

2. Beri contoh yang baik untuk anak

Selanjutnya kamu juga perlu memberikan contoh yang baik untuk anak bunda, baik itu ketika di dalam rumah maupun di luar rumah. Sehingga anak nantinya akan meniru segala tingkah laku kita sebagai orangtuanya.

Jangan menunjukan contoh yang buruk sedikitpun dihadapan anak apalagi jika anak masih balita karena anak akan selalu mengingatnya dan kemungkinan besar dapat meniru apa yang dia dengar dan dia lihat ketika masih kecil. Jadi selalu berhati-hati di depan anak ya jika akan melakukan sesuatu.

3. Mulai ajarkan anak tentang agama

Agama merupakan keyakinan masing-masing seseorang yang bisa dijadikan stbundarisasi moralitas bagi pemeluknya masing-masing. Oleh karena itu apapun agama bunda, jangan lupa untuk selalu mengajarkan anak bunda untuk mulai mengenal agama dan aturan-aturan agama yang ada sesuai keyakinan bunda masing-masing.

Agama mengajarkan kebaikan dan nilai-nilai luhur yang bisa menjadi landasan atau pondasi bagi anak kelak ketika telah tumbuh dewasa. Hidup tanpa agama bagaikan hidup tanpa arah sehingga jika anak dibesarkan dengan didikan agama yang kurang maka kemungkinan besar anak akan tumbuh menjadi anak yang nakal dan tidak memiliki nilai-nilai yang baik karena tidak memiliki pedoman hidupnya. Itulah sebabnya mengapa agama sangat penting untuk hidup kita.

4. Berikan kasih sayang yang cukup namun tidak berlebihan

Berikan kasih sayang yang cukup untuk anak bunda namun jangan berlebihan, karena jika berlebihan maka anak bunda justru akan menjadi anak yang manja dan tidak baik untuk tumbuh kembang anak.

Namun kekurangan kasih sayang juga dapat menjadikan anak kurang perhatian dan bisa menjadi anak nakal karena menginginkan perhatian yang lebih. Maka dari itu berikanlah anak kasih sayang sewajarnya tidak kurang dan tidak lebih.

Itulah beberapa tips cara mendidik anak usia dini agar tumbuh kembang secara optimal dan menjadi pribadi yang baik dan positif nantinya ketika sudah dewasa.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Mendidik Anak Agar Tidak Kecanduan Gadget
Ini Lho Bun! 5 Tips Mendidik Anak Agar Tidak Kecanduan Gadget
Cara Mendidik Anak Usia Dini Agar Tumbuh Optimal
Baca Bun! 4 Cara Mendidik Anak Usia Dini Agar Tumbuh Optimal
Mendidik Anak Usia 3 Tahun
4 Cara mendidik anak usia 3 tahun agar aktif dan cerdas
Prinsip Parenting Membentuk Karakter Positif Pada Anak
Ini Lho Bun! 4 Prinsip Parenting Membentuk Karakter Positif pada Anak
Buah Hati Ibu Hamil Ibu Menyusui
Cara Mengonsumsi Susu Kental Manis
Ini Lho Bun!! 4 Cara Mengonsumsi Susu Kental Manis dengan Bijak
Tidak Semua Susu Untuk Anak Baik Di Konsumsi Buah Hati
Tidak Semua Susu untuk Anak Baik Dikonsumsi Buah Hati
Pentingnya Orang Tua Mengenal Asupan Gizi Untuk Anak
Pentingnya Orang Tua Mengenal Asupan Gizi untuk Anak
Manfaat Berenang Bagi Kesehatan Ibu Hamil
Ibu Hamil Suka Berenang? Ini Manfaatnya Bagi Kesehatan Bunda
Aturan Olahraga Air
Inilah 4 Aturan Olahraga Air yang Harus Diperhatikan Selama Kehamilan
Makanan Sehat Minuman Sehat Vitamin
Buah Pepaya
Ini Lho Bun! 7 Manfaat Buah Pepaya Untuk Ibu Hamil dan Janin Dalam Kandungan
Vitamin Yang Bermanfaat Untuk Anak
7 Jenis Vitamin yang Bermanfaat untuk Anak Usia 6 Bulan Keatas
Manfaat Buah Naga Untuk Kehamilan 1
Ini Lho Bun, 3 Manfaat Buah Naga yang Perlu Diketahui Selama Kehamilan