Inilah 4 Aturan Olahraga Air yang Harus Diperhatikan Selama Kehamilan

Aturan Olahraga Air – Selama masa kehamilan, bunda tetap disarankan untuk rutin melakukan olahraga ringan yang bisa membantu dalam mempersiapkan kondisi fisik dalam menghadapi persalinan. Nah, salah satu jenis olahraga ringan yang umumnya dilakukan oleh ibu hamil ini adalah olahraga air, seperti berenang atau pun aquarobik.

Olahraga air menjadi pilihan para ibu hamil sebab banyak memberi manfaat bagi kehamilannya. Selain hal itu, olahraga air ini juga mempunyai kelebihan bila dibandingkan dengan olahraga jenis lainnya, yakni minimnya resiko cedera tulang, otot, maupun sendi. Karena ada di air, tubuh akan ditopang dengan baik oleh air yang mempunyai daya dorong ke atas. Beban tubuh ketika ada di dalam air jauh lebih ringan bila dibandingkan saat di darat.

Aturan Olahraga Air Selama Kehamilan

Meski terbilang aman, tapi bukan berarti tidak ada hal yang harus bunda perhatikan selama melakukan olahraga satu ini. Nah, berikut ini ada beberapa aturan yang harus diperhatikan sebelum memutuskan untuk melakukan olahraga air.

Aturan Olahraga Air Selama Kehamilan

1. Usia kehamilan

Renang dan juga aquarobik bisa dilakukan di usia kehamilan berapapun. Dengan syarat tidak ada masalah dengan air berkaporit.

2. Gaya renang

Semua gaya renang dapat aman dilakukan untuk ibu hamil, kecuali gaya kupu-kupu yang nantinya akan sangat sulit untuk dilakukan saat perut mulai membesar. Untuk gaya bebas dapat berguna dalam melatih bahu serta meringankan tekanan yang ada. Sementara itu gaya dada atau pun gaya katak berguna melatih kelenturan serta kekuatan otot panggul hingga dengan kaki. Selain hal itu, gaya punggung bisa menstimulasi daerah lengan, kaki, dan punggung. Saat latihan, ada baiknya kombinasikan gaya bebas dengan gaya dada dan punggung, yang bisa melatih bagian tubuh yang berbeda.

3. Kondisi fisik

Silakan bunda cermati kondisi fisik saat sedang berolahraga. Saat tubuh bunda memberikan sinyal lelah, maka segera beristirahat dan jangan terlalu memaksakan, apalagi jika merasakan tegang di sekitar wilayah perut.

4. Tata cara

Hindari melompat ke dalam kolam renang karena dapat menggangu selaput yang melindungi janin. Turunlah ke kolam renang dengan baik dan selalu berhati-hati untuk memilih pijakan.

Itulah tadi beberapa aturan olahraga air yang harus diperhatikan selama masa kehamilan. Jika bunda ragu dengan kondisi fisik saat ingin melakukan olahraga air, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter atau bidan mengenai apakah olahraga air ini aman untuk bunda lakukan. Semoga saja ulasan ini bisa bermanfaat dan menginsprasi banyak wanita. Be a Smart Mom !!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Anak Mandiri
4 Hal Yang Melatih Anak Mandiri Sejak Usia Dini
Tips Supaya Anak Mau Belajar
Ini Lho Bun! Cara Terbaik Agar Anak Mau Belajar Sejak Usia Dini
Mengatasi Rasa Bosan Pada Anak
5 Cara Mengatasi Rasa Bosan Pada Anak
Makanan Berbahaya Untuk Ibu Hamil
4 Jenis Makanan Berbahaya untuk Ibu Hamil
Buah Hati Ibu Hamil Ibu Menyusui
Ibu Menyusui
Ini Lho Bun! 5 Makanan Sehat Yang Paling Bagus Untuk Ibu Menyusui
Baby Gym
Selain Menyenangkan, Ini Lho 7 Manfaat Baby Gym Untuk Si Kecil
Cara Mengatasi Sembelit Pada Bayi
Cara Ampuh dan Aman Mengatasi Sembelit Pada Bayi
Manfaat Berenang Bagi Kesehatan Ibu Hamil
Ibu Hamil Suka Berenang? Ini Manfaatnya Bagi Kesehatan Bunda
Aturan Olahraga Air
Inilah 4 Aturan Olahraga Air yang Harus Diperhatikan Selama Kehamilan
Makanan Sehat Minuman Sehat Vitamin
Buah Pepaya
Ini Lho Bun! 7 Manfaat Buah Pepaya Untuk Ibu Hamil dan Janin Dalam Kandungan
Vitamin Yang Bermanfaat Untuk Anak
7 Jenis Vitamin yang Bermanfaat untuk Anak Usia 6 Bulan Keatas
Manfaat Buah Naga Untuk Kehamilan 1
Ini Lho Bun, 3 Manfaat Buah Naga yang Perlu Diketahui Selama Kehamilan