Ini Lho Bun! 3 Cara Mendidik Anak Balita Agar Patuh dan Disiplin

Mendidik anak balita – Masa balita merupakan masa golden age bagi anak-anak yang mana anak akan menyerap segala sesuatunya yang dilihat dan didengar. Oleh karena itu bunda harus mengasuh dan mengawasi anak ketika masa golden age ini agar anak tumbuh dan berkembang menjadi anak yang baik dan tidak terpengaruh oleh perilaku buruk, baik yang sengaja, di dengar atau dilihatnya maupun yang tidak disengaja.

Selain itu, pada masa golden age ini bunda juga harus mulai menerapkan sikap untuk disiplin dan patuh untuk balita bunda. Untuk itu, berikut tips untuk mendidik anak balita agar patuh dan disiplin sperti apa yang bunda harapkan.

Cara Mendidik Anak Balita

1. Kenali hal yang membuat anak rewel

Rewel pada masa balita merupakan hal yang wajar dan normal, namun bunda sebagai orang tua harus mengenali lebih jauh mengapa anak suka rewel. Misalnya saja ketika anak bunda merasa lelah, lapar dan mengantuk maka akan membuat anak-anak menjadi rewel, menangis dan susah untuk diatur.

Oleh karena itu, bunda bisa mulai menerapkan kedisiplinan disini. Misalnya terapkan waktu tidur siang sesuai jadwal. Jadi jika waktunya tidur siang maka anak harus tidur siang dan jika waktunya tidur siang tapi anak meminta sesuatu maka janjikan sesuatu yang diminta akan dikabulkan setelah tidur siang. Hal ini bisa membuat anak lebih disiplin dan menurut terhadap apapun perkataan bunda.

2. Ikuti pola pikir anak

Selanjutnya sebagai orangtua, bunda juga harus mengikuti pola pikir anak. Orang dewasa dengan anak-anak apalagi balita pasti mempunyai pola pikir yang sangat jauh berbeda. Untuk itu bunda sebagai orang dewasa dan orang tua harus memahami pola pikir anak. Tapi memahami pola pikir anak bukan berarti menuruti semua keinginan anak, memahami pola pikir anak contohnya dengan membiasakan anak untuk mulai membereskan mainannya setelah bermain.

Awalnya biarkan saja, kemudian selanjutnya ajari anak untuk mulai membereskan mainannya. Jika belum sepenuhnya di bereskan maka biarkan saja dulu, nanti untuk selanjutnya secara bertahap bunda ajari bagaimana cara membereskan mainan hingga benar-benar beres dengan menempatkan semua mainan kedalam tempatnya.

3. Berikan hukuman jika memang anak berbuat salah

Bunda juga tak perlu ragu untuk memberikan hukuman atau punishment kepada anak jika anak melakukan kesalahan. Bukan merupakan hukuman yang besar cukup di hukum saja dengan hukuman yang ringan namun membuat anak bunda jera. Dengan begitu anak bunda tidak akan mengulangi kesalahannya lagi agar tidak terkena hukuman.

Namun perlu di ingat, hukuman untuk balita bukanlah hukuman yang berat dan membuat balita trauma atau teringat hingga dewasa nanti. hukumlah dengan hal-hal yang masih bisa ditolerir oleh anak.

Demikianlah cara mendidik anak balita agar anak balita bunda menjadi anak yang disiplin dan patuh sejak dini. Meskipun mengajarinya untuk disiplin namun bukan berarti bunda memberikan aturan yang ketat yang justru membuat anak tertekan dan menyebabkan anak stress dengan keadaan yang justru akan membuat anak rewel dan susah diatur.

Buatlah lingkungan senyaman mungkin di rumah dan ketika mulai menerapkan aturan disiplin maka terapkan mulai dari hal-hal yang kecil dan terapkan dengan pelan-pelan tetapi pasti dan selalu diingat oleh anak bunda hingga dewasa nantinya.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Tips Parenting Untuk Orang Tua Milenial
Baca Bun! 4 Tips Parenting untuk Orang Tua Milenial
Cara Mendidik Anak Di Era Teknologi
Ini Bun! 3 Cara Mendidik Anak di Era Teknologi Saat Ini
Tips Parenting Agar Anak Cerdas Tanpa Gadget
Baca Bun! 4 Tips Parenting Agar Anak Cerdas Tanpa Gadget
Cara Mendidik Anak Balita
Ini Lho Bun! 3 Cara Mendidik Anak Balita Agar Patuh dan Disiplin
Buah Hati Ibu Hamil Ibu Menyusui
Cara Mengonsumsi Susu Kental Manis
Ini Lho Bun!! 4 Cara Mengonsumsi Susu Kental Manis dengan Bijak
Tidak Semua Susu Untuk Anak Baik Di Konsumsi Buah Hati
Tidak Semua Susu untuk Anak Baik Dikonsumsi Buah Hati
Pentingnya Orang Tua Mengenal Asupan Gizi Untuk Anak
Pentingnya Orang Tua Mengenal Asupan Gizi untuk Anak
Manfaat Berenang Bagi Kesehatan Ibu Hamil
Ibu Hamil Suka Berenang? Ini Manfaatnya Bagi Kesehatan Bunda
Aturan Olahraga Air
Inilah 4 Aturan Olahraga Air yang Harus Diperhatikan Selama Kehamilan
Makanan Sehat Minuman Sehat Vitamin
Buah Pepaya
Ini Lho Bun! 7 Manfaat Buah Pepaya Untuk Ibu Hamil dan Janin Dalam Kandungan
Vitamin Yang Bermanfaat Untuk Anak
7 Jenis Vitamin yang Bermanfaat untuk Anak Usia 6 Bulan Keatas
Manfaat Buah Naga Untuk Kehamilan 1
Ini Lho Bun, 3 Manfaat Buah Naga yang Perlu Diketahui Selama Kehamilan