2 Cara Deteksi Alergi pada Anak dan Contoh Tes Alergi yang Benar

Deteksi Alergi pada Anak – Alergi merupakan sebuah kondisi dimana sistem kekebalan tubuh manusia mendeteksi adanya ancaman dari luar. Ketika sistem kekebalan tubuh mendeteksi ancaman, akan muncul reaksi berupa pelepasan histamin di dalam tubuh. Histamin ini lah yang kemudian menyebabkan timbulnya bintik dan ruam yang gatal pada kulit manusia.

Umumnya, alergi terjadi pada anak-anak atau lebih tepatnya bayi. Buah hati anda dapat beresiko terkena alergi dari telur, susu, gandum, kedelai, kacang, bahkan hingga obat-obatan. Gejala yang di timbulkan oleh alergi juga bukan hanya timbul ruam dan gatal saja. Ada beberapa gejala alergi yang sering muncul pada buah hati anda. Diantaranya :

  • Bersin-bersin
  • Mata merah
  • Gatal pada kulit
  • Batuk
  • Mata berair
  • Timbul ruam di sekitaran kulit
  • Hidung tersumbat

Cara Deteksi Alergi Pada Anak

Berbagai macam alergi bisa saja menyerang buah hati anda. Oleh karena itu, kita sebagai orang tua harus mengambil langkah lebih pintar dengan cara mengetahui bagaimana cara mendeteksi alergi pada bayi. Berikut ini, beberapa cara untuk mendeteksi alergi secara dini pada bayi anda.

1. Deteksi Di Usia Dibawah Tiga Tahun ( Batita )

Gejala alergi yang timbul dapat berupa berbagai macam hal seperti hidung tersumbat dan gatal, tenggorokan gatal, sesak napas, mengi, batuk, muntah, diare, sakit perut, mata berair dan gatal, gatal-gatal di sekujur tubuh dengan di ikuti timbulnya ruam merah, hingga hilang kesadaran pada bayi. Bila beberapa hal ini terjadi pada buah hati anda, segeralah periksakan kondisi kesehatan buah hati anda ke dokter atau rumah sakit terdekat guna mendapatkan perawatan yang di butuhkan.

2. Deteksi Riwayat Alergi Orang Tua

Alergi merupakan salah satu jenis penyakit yang bersifat keturunan. Alergi yang ada pada buah hati anda bisa jadi berasal dari riwayat alergi ayah atau ibunya sebagai orang tua. Buah hati anda akan lebih beresiko terkena alergi bila salah satu atau kedua orang tuanya juga mempunyai riwayat alergi. Oleh karena itu, selalu laporkan riwayat kesehatan kedua orang tua bayi anda ketika melakukan pemeriksaan kesehatan. Hal ini dikarenakan agar mempermudah dokter mendeteksi penyebab alergi pada buah hati anda.

Tes Alergi Pada Anak

Selain itu, bila buah hati anda sudah di pastikan memiliki alergi, anda dapat mengetahui zat-zat yang dapat memicu alerginya dengan menggunakan tes ilmiah. Beberapa contoh tes yang akan di lakukan diantaranya :

1. Tes darah

Tes ini akan dilakukan dengan cara mengambil sample darah. Sample darah tersebut kemudian akan di analisis dan di teliti sistem kekebalan tubuhnya dalam menanggapi hal-hal yang dapat memicu alergi. Umumnya, sample darah akan di ambil melalui punggung tangan si kecil. Hal ini dikarenakan si kecil tidak akan merasakan terlalu sakit bila di ambil melalui bagian punggung tangannya.

2. Uji tempel kulit

Tes ini akan menentukan penyebab alergi pada kulit buah hati anda. Umumnya, dokter akan menempelkan beberapa zat yang dapat memicu alergi atau alergen yang kemudian ditutupi dengan menggunakan plester. Lalu, dokter akan melihat perubahan yang dialami si kecil. Bila buah hati anda memiliki alergi, maka akan timbul ruam merah di sekitaran plester dalam jangka waktu 48 hingga 72 jam.

3. Tes tusuk kulit

Cara ini di anggap merupakan cara yang paling efektif dalam mendeteksi penyebab alergi pada buah hati anda. Tes tusuk kulit umumnya di lakukan dengan cara menusukan jarum kecil pada kulit buah hati anda yang kemudian diteteskan zat aleergen. Namun, pada beberapa dokter tes tusuk kulit dilakukan dengan cara menyuntikan sedikit zat alergen langsung ke dalam kulit buah hati anda. Bila buah hati anda mempunyai alergi, akan timbul bintik merah di sekitaran tempat pemberian alergen dalam kurun waktu kurang dari 20 menit.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Anak Mandiri
4 Hal Yang Melatih Anak Mandiri Sejak Usia Dini
Tips Supaya Anak Mau Belajar
Ini Lho Bun! Cara Terbaik Agar Anak Mau Belajar Sejak Usia Dini
Mengatasi Rasa Bosan Pada Anak
5 Cara Mengatasi Rasa Bosan Pada Anak
Makanan Berbahaya Untuk Ibu Hamil
4 Jenis Makanan Berbahaya untuk Ibu Hamil
Buah Hati Ibu Hamil Ibu Menyusui
Ibu Menyusui
Ini Lho Bun! 5 Makanan Sehat Yang Paling Bagus Untuk Ibu Menyusui
Baby Gym
Selain Menyenangkan, Ini Lho 7 Manfaat Baby Gym Untuk Si Kecil
Cara Mengatasi Sembelit Pada Bayi
Cara Ampuh dan Aman Mengatasi Sembelit Pada Bayi
Manfaat Berenang Bagi Kesehatan Ibu Hamil
Ibu Hamil Suka Berenang? Ini Manfaatnya Bagi Kesehatan Bunda
Aturan Olahraga Air
Inilah 4 Aturan Olahraga Air yang Harus Diperhatikan Selama Kehamilan
Makanan Sehat Minuman Sehat Vitamin
Buah Pepaya
Ini Lho Bun! 7 Manfaat Buah Pepaya Untuk Ibu Hamil dan Janin Dalam Kandungan
Vitamin Yang Bermanfaat Untuk Anak
7 Jenis Vitamin yang Bermanfaat untuk Anak Usia 6 Bulan Keatas
Manfaat Buah Naga Untuk Kehamilan 1
Ini Lho Bun, 3 Manfaat Buah Naga yang Perlu Diketahui Selama Kehamilan